Monday 10 August 2020

Perang Mu'tah

Islam pertama kali masuk ke Jordan sebab perang Mu'tah dan perang Yamruk. Perang yang terjadi diantara umat muslim melawan pasukan Romawi Timur. Perang Mu'tah terjadi pada tahun 8 Hijriyah. Perang ini melibatkan 3000 pasukan muslim melawan 200.000 dari tentara Romawi timur dan Nasrani. 

Perang ini diakibatkan karena terbunuhnya utusan Rasulullah SAW Harith Bin Umair R.A. Rasulullah SAW mengirimkan 3 Pemimpin sekaligus untuk perang ini.. Rasulullah SAW bersabda "Pemimpin yang pertama Zaid bin Harithah R.A. Apabila Zaid bin Harithah wafat (mati sebagai syuhada) maka akan diganti oleh Ja'far Bin Abi Thalib R.A. apabila Ja'far Bin Abi Thalib R.A. wafat (mati sebagai syuhada) maka akan diganti oleh Abdullah Bin Rawahah R.A." 

Perang pun terjadi bendera berkalimat la ilaha illallah muhammadur rasulullah dipegang pertama kali oleh zaid bin harithah, kemudian zaid bin harithah wafat (mati sbg syuhada) lalu bendera dipegang oleh Ja'far bin Abi Thalib dan pasukan musuh pun membunuh Ja'far Bin Abi Thalib dengan membelah tubuhnya bendera tersebut pun diambil oleh Abdullah Bin Rawahah dan Abdullah Bin Rawahah pun mati sebagai syuhada.. bendera tersebut dipegang oleh Khalid bin Walid RA. Khalid bin Walid RA membuat peperangan ini berakhir dengan kemenangan ditangan umat islam..

Perang Mu'tah adalah perang pertama umat muslim melawan romawi timur sekaligus menjadi perang pembuka untuk menuju pembebasan Baitul Maqdis, Palestin. 

Source : Youtube Ustadzah Oki Setiana Dewi

Awal Mula Islam di Jordan

Agama Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW sampai di Jordan pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab pada tahun 636 Masehi. Pada...